Jumat, 31 Agustus 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama                          : SMA NEGERI 1 BAMBEL
Mata Pelajaran          : Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester          : X/Ganjil

Standart Kompotensi:
1.      Membaca
2.      Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompotensi Dasar    :
            3.1 menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
Indikator                    :
-          Menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
-          Menentukan fakta dan pendapat
Alokasi Waktu           : 2 x 45 Menit
I.            Tujuan Pembelajaran
-          Diharapkan siswa dapat membaca teks nonsastra dengan beragai teknik membaca
-          Siswa dapat menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Siswa diharapkan dapat membedakan fakta dan opini dari teks nonsastra
II.         Materi Pembelajaran
-          Teks nonsastra dari berbagai sumber
-          Ide pokok tiap paragraf
-          Ide pokok dari berbagai sumber
-          Fakta dan opini
-          Ringkasan isi
-          Kata baku dan tidak baku
III.      Metode Pembelajaran
-          Tanya jawab
-          Penguatan
IV.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
-          Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-          Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
2.      Kegiatan Inti
-          Para siswa menentukan ide pokok dari teks nonsastra yang telah di bacakan
-          Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks nonsastra secara ringkas
-          Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari teks nonsastra
3.      Kegiatan Akhir
-          Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
-          Guru memberi tugas di rumah
V.         Alat/ Sumber Pembelajaran
-          Tuturan langsung
-          Buku teks yang terkait
VI.      Penilaian
-          Pengamatan
-          Tugas individu

Diketahui Oleh :                                                                      Medan,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
SMA NEGERI 1 BAMBEL

(                                   )                                                           (                                   )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama                           : SMA NEGERI 1 BAMBEL
Mata Pelajaran            : Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Keterampilan yang dipilih       :
·         Keterampilan tanya jawab
·         Keterampilan penguatan
Standart Kompotensi:
3.      Membaca
4.      Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompotensi Dasar    :
            3.1 Menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
Indikator                    :
-          Menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
-          Menentukan fakta dan pendapat
Alokasi Waktu           : 10 – 15 Menit
I.            Tujuan Pembelajaran
-          Diharapkan siswa dapat membaca teks nonsastra dengan beragai teknik membaca
-          Siswa dapat menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Siswa diharapkan dapat membedakan fakta dan opini dari teks nonsastra
II.         Materi Pembelajaran
-          Teks nonsastra dari berbagai sumber
-          Ide pokok tiap paragraf
-          Ide pokok dari berbagai sumber
-          Fakta dan opini
-          Ringkasan isi
-          Kata baku dan tidak baku
III.      Metode Pembelajaran
-          Tanya jawab
-          Penguatan
IV.      Strategi Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
-          Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-          Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
2.      Kegiatan Inti
-          Para siswa menentukan ide pokok dari teks nonsastra yang telah di bacakan
-          Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks nonsastra secara ringkas
-          Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari teks nonsastra
3.      Kegiatan Akhir
-          Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
-          Guru memberi tugas di rumah
V.         Alat/ Sumber Pembelajaran
-          Tuturan langsung
-          Buku teks yang terkait
VI.      Penilaian
-          Pengamatan
-          Tugas individu

Diketahui Oleh :                                                                      Medan,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
SMA NEGERI 1 BAMBEL

(                                   )                                                           (                                   )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 BAMBEL
MATA PELAJARAN          : Bahasa Indonesia
KELAS                                  : X
SEMESTER                          : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : 3.      Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca
B.           KOMPETENSI DASAR :
3.1          Menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Membaca cepat :
-          Teks nonsastra dari berbagai sumber
-          Ide pokok tiap paragraf
-          Ide pokok dari berbagai sumber
-          Fakta dan opini
-          Ringkasan isi
-          Kata baku dan tidak baku
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
-          Menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
-          Menentukan fakta dan pendapat

·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
-          Diharapkan siswa dapat membaca teks nonsastra dengan beragai teknik membaca
-          Siswa dapat menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Siswa diharapkan dapat membedakan fakta dan opini dari teks nonsastra
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penguatan
§  Tanya Jawab
G.           
H.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra
·     Membaca cepat (250 kata/menit)
·     Siswa dapat menguasaiteknikMembaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

I.             LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal            :
-          Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-          Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti   :
-          Para siswa menentukan ide pokok dari teks nonsastra yang telah di bacakan
-          Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks nonsastra secara ringkas
-          Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari teks nonsastra
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir            :
-          Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
-          Guru memberi tugas di rumah
Bersahabat/ komunikatif
J.            ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit
K.          SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Media massa/ koran/ majalah/ internet
·         Buku yang berkaitan dengan budaya setempat
·         Buku pendamping
L.           PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat

Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                     NIP.





TRANSKRIPT
KETERAMPILAN MENGUNAKAN VARIASI
Mata Pelajaran                      : bahasa dan sastra indonesia
Kompetensi Dasar (KD)       : Memahami teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik     membaca

Suasana dalam keadaan fluktuatif (perhatian dan minat belajar siswa dalam keadaan tidak stabil), agar belajar siswa tetap dalam keadaan dinamis, maka guru mengunakan variasi dalam mengajar dengan kegiatan sebagai berikut :
Guru    : “Anak-anak hari ini kita akan membahas materi kita tentang membaca ekstensif teks nonsasrtra, nah anak-anak bapak ingin bertanya pada kalian, siapa yang sudah pernah membaca teks nonsastra”...?
Siswa   : “Saya pak”....( jawaban serempak dari siswa)
Guru    : “Bagus, siapa yang tau contoh-contoh karya nonsastra”...?
Siswa   : (semua siawa terdiam, hanya beberapa siswa saja yang mengangkat tanggannya).
Guru    : (memandang kekanan dan kekiri dan menunjuk salah satu siswa) “ia, coba kamu sukri sebetkan apa-apa saja contohnya”...?
Sukri    : “Wayang golek pak”
Guru    : “Ia, bagus ada lagi yang lain, selain dari pendapat temanmu tadi”
Abdi    : “Wayang golek pak” (dengan suara sepontanitas)
Guru    : “Betul sekali, ada yang lain”
Siswa   : (semua siswa terdiam dan memikirkan jawaban yang akan di utarakan, tiba-tiba salah satu siswa mengangkat tanganya)
Guru    : “Ia, silahkan basri”
Basri    : “Artikel ketoprak, pak” (dengan suara lantang)
Guru    : “Benar sekali jawabanmu” (tanpa bersuara bapak guru berjalan ke belakan sambil memperhatikan siswa ke kanan dan kekiri, kemusian berhenti dan menatap ke depan) dan berkata : kelurkan buku pelajaran kita hari ini, buku bahasa indonesia, mari kita liahat sama-sama halaman.....(berhenti berbicara, kelas menjadi senyap).
Siswa   : (sudah beberapa lama menunggu dan siswa merasa penasaran) “halaman berapa bu”...?
Guru    : “Halaman 65, perhatikan teks tersebut dengan seksama” (guru memperhatikan ke seluruh sudut ruanggan dan menunjuk salah satu siswa, “coba kamu sukri bacakan teks tersebut” (karena suaranya terlalu pelan maka guru menyuruh sukri untuk membacakan teks di depan) “sukri suarumu terlalu pelan, coba kamu maju ke depan dan bacakan dengan suara lebih keras lagi”
Sukri    : ia pak, ( ia membacakan tesk tersebut dengan lantang) “Tetap semangat sekolah walaupun menunggak uang sekolah....” (beberapa menit kemudian ia siap membacakan teks tersebut).
Guru    : “Baik anak-anak coba perhatikan y, perhatikan baik-baik (semua siswa dalam keadaan kondusip) “dari teks tersebut, coba kalain tentukan ide pokoknya buat dalam selembar kertas”
Siswa   : “Ia pak guru” (dengan suara serempak”
Guru    : (menunggu beberapa menit) “Siapa yang sudah siap silahkan di kumpulkan”
Siswa   :”Ia pak guru” (semua siawa mengumpulkan tugasnya).
            Interaksi :
-          Guru - Siswa
-          Siswa - Guru


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar