RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama : SMA NEGERI 1 BAMBEL
Mata
Pelajaran : Bahasa Dan Sastra
Indonesia
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standart
Kompotensi:
1. Membaca
2. Memahami
berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompotensi
Dasar :
Indikator :
-
Menentukan ide pokok tiap paragraf
-
Menuliskan kembali isi bacaan secara
ringkas
-
Menentukan fakta dan pendapat
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
I.
Tujuan
Pembelajaran
-
Diharapkan siswa dapat membaca teks
nonsastra dengan beragai teknik membaca
-
Siswa dapat menentukan ide pokok tiap
paragraf
-
Siswa diharapkan dapat membedakan fakta
dan opini dari teks nonsastra
II.
Materi
Pembelajaran
-
Teks nonsastra dari berbagai sumber
-
Ide pokok tiap paragraf
-
Ide pokok dari berbagai sumber
-
Fakta dan opini
-
Ringkasan isi
-
Kata baku dan tidak baku
III.
Metode
Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Penguatan
IV.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
-
Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-
Salah satu siswa membacakan teks
nonsastra
2. Kegiatan
Inti
-
Para siswa menentukan ide pokok dari
teks nonsastra yang telah di bacakan
-
Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks
nonsastra secara ringkas
-
Para siswa menentukan fakta dan pendapat
dari teks nonsastra
3. Kegiatan
Akhir
-
Guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah disampaikan
-
Guru memberi tugas di rumah
V.
Alat/
Sumber Pembelajaran
-
Tuturan langsung
-
Buku teks yang terkait
VI.
Penilaian
-
Pengamatan
-
Tugas individu
Diketahui Oleh : Medan,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMA NEGERI 1 BAMBEL
( ) ( )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama : SMA NEGERI 1 BAMBEL
Mata Pelajaran : Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : X/Ganjil
Keterampilan yang
dipilih :
·
Keterampilan tanya jawab
·
Keterampilan penguatan
Standart
Kompotensi:
3. Membaca
4. Memahami
berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompotensi
Dasar :
3.1 Menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai
sumber melalui teknik membaca ekstensif
Indikator :
-
Menentukan ide pokok tiap paragraf
-
Menuliskan kembali isi bacaan secara
ringkas
-
Menentukan fakta dan pendapat
Alokasi
Waktu : 10 – 15 Menit
I.
Tujuan
Pembelajaran
-
Diharapkan siswa dapat membaca teks
nonsastra dengan beragai teknik membaca
-
Siswa dapat menentukan ide pokok tiap
paragraf
-
Siswa diharapkan dapat membedakan fakta
dan opini dari teks nonsastra
II.
Materi
Pembelajaran
-
Teks nonsastra dari berbagai sumber
-
Ide pokok tiap paragraf
-
Ide pokok dari berbagai sumber
-
Fakta dan opini
-
Ringkasan isi
-
Kata baku dan tidak baku
III.
Metode
Pembelajaran
-
Tanya jawab
-
Penguatan
IV.
Strategi
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
-
Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk
pembelajaran
-
Salah satu siswa membacakan teks
nonsastra
2. Kegiatan
Inti
-
Para siswa menentukan ide pokok dari
teks nonsastra yang telah di bacakan
-
Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks
nonsastra secara ringkas
-
Para siswa menentukan fakta dan pendapat
dari teks nonsastra
3. Kegiatan
Akhir
-
Guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah disampaikan
-
Guru memberi tugas di rumah
V.
Alat/
Sumber Pembelajaran
-
Tuturan langsung
-
Buku teks yang terkait
VI.
Penilaian
-
Pengamatan
-
Tugas individu
Diketahui Oleh : Medan,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SMA NEGERI 1 BAMBEL
( ) ( )
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMA
NEGERI 1 BAMBEL
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Membaca : 3. Memahami berbagai teks bacaan
nonsastra dengan berbagai teknik membaca
B.
KOMPETENSI
DASAR :
3.1 Menentukan
ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Membaca
cepat :
-
Teks nonsastra dari berbagai sumber
-
Ide pokok tiap paragraf
-
Ide pokok dari berbagai sumber
-
Fakta dan opini
-
Ringkasan isi
-
Kata baku dan tidak baku
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
-
Menentukan ide pokok tiap
paragraf
-
Menuliskan kembali isi bacaan
secara ringkas
-
Menentukan fakta dan pendapat
|
· Bersahabat/
komunikatif
· Tanggung jawab
|
· Kepemimpinan
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
-
Diharapkan siswa dapat membaca teks
nonsastra dengan beragai teknik membaca
-
Siswa dapat menentukan ide pokok tiap
paragraf
-
Siswa diharapkan dapat membedakan fakta
dan opini dari teks nonsastra
F.
METODE PEMBELAJARAN :
§
Penguatan
§
Tanya
Jawab
G.
H.
StrategiPembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra
|
· Membaca cepat (250 kata/menit)
|
· Siswa dapat menguasaiteknikMembaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
|
I.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal :
-
Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk
pembelajaran
-
Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti :
-
Para siswa menentukan ide pokok dari teks
nonsastra yang telah di bacakan
-
Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks
nonsastra secara ringkas
-
Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari
teks nonsastra
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang
telah disampaikan
-
Guru memberi tugas di rumah
|
Bersahabat/
komunikatif
|
J.
ALOKASI
WAKTU :
2
x 45 menit
K.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Media massa/ koran/ majalah/ internet
·
Buku yang berkaitan dengan budaya
setempat
·
Buku pendamping
L.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk
Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§
Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
TRANSKRIPT
KETERAMPILAN MENGUNAKAN VARIASI
Mata Pelajaran : bahasa dan sastra
indonesia
Kompetensi
Dasar (KD) : Memahami teks bacaan
nonsastra dengan berbagai teknik
membaca
Suasana
dalam keadaan fluktuatif (perhatian dan minat belajar siswa dalam keadaan tidak
stabil), agar belajar siswa tetap dalam keadaan dinamis, maka guru mengunakan
variasi dalam mengajar dengan kegiatan sebagai berikut :
Guru : “Anak-anak hari ini kita akan membahas
materi kita tentang membaca ekstensif teks nonsasrtra, nah anak-anak bapak
ingin bertanya pada kalian, siapa yang sudah pernah membaca teks nonsastra”...?
Siswa : “Saya pak”....( jawaban serempak dari
siswa)
Guru : “Bagus, siapa yang tau contoh-contoh karya
nonsastra”...?
Siswa : (semua siawa terdiam, hanya beberapa siswa
saja yang mengangkat tanggannya).
Guru : (memandang kekanan dan kekiri dan menunjuk
salah satu siswa) “ia, coba kamu sukri sebetkan apa-apa saja contohnya”...?
Sukri : “Wayang golek pak”
Guru : “Ia, bagus ada lagi yang lain, selain dari
pendapat temanmu tadi”
Abdi : “Wayang golek pak” (dengan suara
sepontanitas)
Guru : “Betul sekali, ada yang lain”
Siswa
: (semua siswa terdiam dan memikirkan
jawaban yang akan di utarakan, tiba-tiba salah satu siswa mengangkat tanganya)
Guru : “Ia, silahkan basri”
Basri : “Artikel ketoprak, pak” (dengan suara
lantang)
Guru : “Benar sekali jawabanmu” (tanpa bersuara
bapak guru berjalan ke belakan sambil memperhatikan siswa ke kanan dan kekiri,
kemusian berhenti dan menatap ke depan) dan berkata : kelurkan buku pelajaran
kita hari ini, buku bahasa indonesia, mari kita liahat sama-sama
halaman.....(berhenti berbicara, kelas menjadi senyap).
Siswa : (sudah beberapa lama menunggu dan siswa
merasa penasaran) “halaman berapa bu”...?
Guru : “Halaman 65, perhatikan teks tersebut
dengan seksama” (guru memperhatikan ke seluruh sudut ruanggan dan menunjuk
salah satu siswa, “coba kamu sukri bacakan teks tersebut” (karena suaranya
terlalu pelan maka guru menyuruh sukri untuk membacakan teks di depan) “sukri
suarumu terlalu pelan, coba kamu maju ke depan dan bacakan dengan suara lebih
keras lagi”
Sukri : ia pak, ( ia membacakan tesk tersebut
dengan lantang) “Tetap semangat sekolah walaupun menunggak uang sekolah....”
(beberapa menit kemudian ia siap membacakan teks tersebut).
Guru : “Baik anak-anak coba perhatikan y,
perhatikan baik-baik (semua siswa dalam keadaan kondusip) “dari teks tersebut,
coba kalain tentukan ide pokoknya buat dalam selembar kertas”
Siswa : “Ia pak guru” (dengan suara serempak”
Guru : (menunggu beberapa menit) “Siapa yang sudah
siap silahkan di kumpulkan”
Siswa :”Ia pak guru” (semua siawa mengumpulkan
tugasnya).
Interaksi :
-
Guru - Siswa
-
Siswa - Guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar