Jumat, 31 Agustus 2012

Penilaian Kelas


Penilaian Kelas

Penilaian kelas adalah proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk memberikan keputusan terhadap hasil belajar sehingga didapatkan potret kemampuan siswa sesuai dengan kompotensi yang ditetapkan dalam kurikulum.

Penilaian  berbasis kelas pada KTSP mempunyai kehasan sebagai berikut.
a.       Dari klsifikasi siswa bergeser ke pengembangan kemampuan siswa
b.      Lebih cenderung pada penilaian acuan kriteria
c.       Kompotensi dan indikator menjadi acuan
d.      Nerupa menberikan profil lengkap kepada siswa
e.       Mengoptimalkan kompotensi siswa
Ciri penilaian kelas
a.       Proses penilaian kelas merupakan intergral dari proses pembelajaran
b.      Strategi yang digunakan mencerminkan kemampuan anak secara auntentik
c.       Penilaian mengunakan acuan patokan/kriteria
d.      Memanfaatkan berbagai jenis informasi
e.       Mengunakan berbagai cara dan alat penilaian
f.       Mengunakan sistem percatatan yang bervariasi
g.      Keputusan tingkat kecapaian hasil belajar berdasarkan berbagai informasi
h.      Mempertimbangkan kebutuhan khusus siswa
i.        Berbasis holistis, penilaian yang mengunakan asfek kognitif, afektif dan fisikomotor.
Kreteria penilaian kelas
a.       Validitas, hasil penilaian dapat ditapsirkan sebagai apa yang akan dinilai
b.      Reabilitas, hasil penilaian ajek, dan mengambarkan kemampuan yang sesungguhnya.
c.       Fokus kompotensi, penilaian dilakukan untuk mencapai kompotensi yang sesuai dengan kurikulum, dan materinya terkait langsung dengan indikator perencanaan kompotensi yang sesuai dengan indikator pemcampaian kompotensi
d.      Objektif, penilaian dilakukan secaraa adil, terencana dan berkesinambungan
e.       Mendidik, penilaian dilakukan untik memperbaiki proses pemelajaran dan meningkatkan kualitas belajar
Hal yang harus dilakukan dalam penilaian kelas
a.       Lihatlah kompotensi yang akan di capai oleh kurikulum
b.      Pilihlah alat penilaian yang sesuai dengan kompotensi yang akan dicapai
c.       Ketika penilaian berlangsung, pertimbangkan kondisi anak
d.      Penilaian dilaksanakan secara terpadu dengan KBM
e.       Penilaian dapat dilakukan secara formal dan nonformal
f.       Petunjuk pelaksanaan harus jelas, gunakan bahasa yang mudah dipahami
g.      Kriteria penyekoran jelas sehingga tidak menimbulkan multitafsir
h.      Gunakan berbagi bentuk dan alat untuk menilai berbagai kompotensi
i.        Lakukan ragam aktifitas penilaian melalui pemberian tugas, PR, ulangan, pengamatan dan sebagainya.
Bentuk tekni yang bisa diterapkan dalam penilaian kelas
a.       Penilaian kinerja, adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktifitas siswa sebagai mana terjadi.
-          Identifikasi semua asfek penting
-          Tuliskan semua kemampuan khusus yang ia lakukan
-          Usahakan kemampuan yang akan dinilai dapat teramati dan tidak terlalu banyak
-          Urutkan kemampuan yang akan di nilai
b.      Penilaian penugasan
-          Invitigasi matematik
-          Pengaruh olah raga pada postur tubuh
c.       Penilaian portofolio, adalah merupakan hasil karya seorang siswa dalam priode tertentu.
-          Pengumpulan data melalui karya siswa
-          Pengumpulan data dilakukan terus menerus
-          Portofolio bisa merefleksikan perkembangan berbagai kompetensi
-          Portofolio bisa memperlihatkan tingkat perkembangan kemampuan belajar siswa
-          Portofolio merupakan bagian integral dari proses pembelajaran
-          Portofolio dilakukan untuk satu priode tertentu
-          Portofolio dilakukan untuk tujuan diagnostik
d.      Penilaian sikap
-          Ovserpasi prilaku
-          Petanyaan langsung
-          Laporan pribadi.
e.       Penilaian tes tertulis
-          Soal dengan memilih jawaban, pilihan ganda, dua pilihan benar salah, menjodohkan
-          Soal denngan mensuplai jawaban isian atau lengkapi, jawaban singkat atau pendek, soal uraian,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar