Penilaian Kelas
Penilaian kelas adalah
proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru untuk memberikan
keputusan terhadap hasil belajar sehingga didapatkan potret kemampuan siswa
sesuai dengan kompotensi yang ditetapkan dalam kurikulum.
Penilaian berbasis kelas pada KTSP mempunyai kehasan
sebagai berikut.
a.
Dari klsifikasi siswa bergeser ke
pengembangan kemampuan siswa
b.
Lebih cenderung pada penilaian acuan
kriteria
c.
Kompotensi dan indikator menjadi acuan
d.
Nerupa menberikan profil lengkap kepada
siswa
e.
Mengoptimalkan kompotensi siswa
Ciri penilaian kelas
a.
Proses penilaian kelas merupakan
intergral dari proses pembelajaran
b.
Strategi yang digunakan mencerminkan
kemampuan anak secara auntentik
c.
Penilaian mengunakan acuan
patokan/kriteria
d.
Memanfaatkan berbagai jenis informasi
e.
Mengunakan berbagai cara dan alat
penilaian
f.
Mengunakan sistem percatatan yang
bervariasi
g.
Keputusan tingkat kecapaian hasil
belajar berdasarkan berbagai informasi
h.
Mempertimbangkan kebutuhan khusus siswa
i.
Berbasis holistis, penilaian yang
mengunakan asfek kognitif, afektif dan fisikomotor.
Kreteria penilaian
kelas
a.
Validitas, hasil penilaian dapat
ditapsirkan sebagai apa yang akan dinilai
b.
Reabilitas, hasil penilaian ajek, dan
mengambarkan kemampuan yang sesungguhnya.
c.
Fokus kompotensi, penilaian dilakukan
untuk mencapai kompotensi yang sesuai dengan kurikulum, dan materinya terkait
langsung dengan indikator perencanaan kompotensi yang sesuai dengan indikator
pemcampaian kompotensi
d.
Objektif, penilaian dilakukan secaraa
adil, terencana dan berkesinambungan
e.
Mendidik, penilaian dilakukan untik
memperbaiki proses pemelajaran dan meningkatkan kualitas belajar
Hal yang harus
dilakukan dalam penilaian kelas
a.
Lihatlah kompotensi yang akan di capai
oleh kurikulum
b.
Pilihlah alat penilaian yang sesuai dengan
kompotensi yang akan dicapai
c.
Ketika penilaian berlangsung,
pertimbangkan kondisi anak
d.
Penilaian dilaksanakan secara terpadu
dengan KBM
e.
Penilaian dapat dilakukan secara formal
dan nonformal
f.
Petunjuk pelaksanaan harus jelas,
gunakan bahasa yang mudah dipahami
g.
Kriteria penyekoran jelas sehingga tidak
menimbulkan multitafsir
h.
Gunakan berbagi bentuk dan alat untuk
menilai berbagai kompotensi
i.
Lakukan ragam aktifitas penilaian
melalui pemberian tugas, PR, ulangan, pengamatan dan sebagainya.
Bentuk tekni yang bisa
diterapkan dalam penilaian kelas
a.
Penilaian kinerja, adalah penilaian
berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktifitas siswa sebagai mana
terjadi.
-
Identifikasi semua asfek penting
-
Tuliskan semua kemampuan khusus yang ia
lakukan
-
Usahakan kemampuan yang akan dinilai
dapat teramati dan tidak terlalu banyak
-
Urutkan kemampuan yang akan di nilai
b.
Penilaian penugasan
-
Invitigasi matematik
-
Pengaruh olah raga pada postur tubuh
c.
Penilaian portofolio, adalah merupakan
hasil karya seorang siswa dalam priode tertentu.
-
Pengumpulan data melalui karya siswa
-
Pengumpulan data dilakukan terus menerus
-
Portofolio bisa merefleksikan
perkembangan berbagai kompetensi
-
Portofolio bisa memperlihatkan tingkat
perkembangan kemampuan belajar siswa
-
Portofolio merupakan bagian integral
dari proses pembelajaran
-
Portofolio dilakukan untuk satu priode
tertentu
-
Portofolio dilakukan untuk tujuan
diagnostik
d.
Penilaian sikap
-
Ovserpasi prilaku
-
Petanyaan langsung
-
Laporan pribadi.
e.
Penilaian tes tertulis
-
Soal dengan memilih jawaban, pilihan ganda,
dua pilihan benar salah, menjodohkan
-
Soal denngan mensuplai jawaban isian
atau lengkapi, jawaban singkat atau pendek, soal uraian,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar