Jumat, 31 Agustus 2012

Contoh RPP SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama                          : SMA NEGERI 1 BAMBEL
Mata Pelajaran          : Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester          : X/Ganjil

Standart Kompotensi:
1.      Membaca
2.      Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompotensi Dasar    :
            3.1 menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
Indikator                    :
-          Menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
-          Menentukan fakta dan pendapat
Alokasi Waktu           : 2 x 45 Menit
I.            Tujuan Pembelajaran
-          Diharapkan siswa dapat membaca teks nonsastra dengan beragai teknik membaca
-          Siswa dapat menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Siswa diharapkan dapat membedakan fakta dan opini dari teks nonsastra
II.         Materi Pembelajaran
-          Teks nonsastra dari berbagai sumber
-          Ide pokok tiap paragraf
-          Ide pokok dari berbagai sumber
-          Fakta dan opini
-          Ringkasan isi
-          Kata baku dan tidak baku
III.      Metode Pembelajaran
-          Tanya jawab
-          Penguatan
IV.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
-          Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-          Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
2.      Kegiatan Inti
-          Para siswa menentukan ide pokok dari teks nonsastra yang telah di bacakan
-          Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks nonsastra secara ringkas
-          Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari teks nonsastra
3.      Kegiatan Akhir
-          Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
-          Guru memberi tugas di rumah
V.         Alat/ Sumber Pembelajaran
-          Tuturan langsung
-          Buku teks yang terkait
VI.      Penilaian
-          Pengamatan
-          Tugas individu

Diketahui Oleh :                                                                      Medan,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
SMA NEGERI 1 BAMBEL

(                                   )                                                           (                                   )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama                           : SMA NEGERI 1 BAMBEL
Mata Pelajaran            : Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Keterampilan yang dipilih       :
·         Keterampilan tanya jawab
·         Keterampilan penguatan
Standart Kompotensi:
3.      Membaca
4.      Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompotensi Dasar    :
            3.1 Menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
Indikator                    :
-          Menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
-          Menentukan fakta dan pendapat
Alokasi Waktu           : 10 – 15 Menit
I.            Tujuan Pembelajaran
-          Diharapkan siswa dapat membaca teks nonsastra dengan beragai teknik membaca
-          Siswa dapat menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Siswa diharapkan dapat membedakan fakta dan opini dari teks nonsastra
II.         Materi Pembelajaran
-          Teks nonsastra dari berbagai sumber
-          Ide pokok tiap paragraf
-          Ide pokok dari berbagai sumber
-          Fakta dan opini
-          Ringkasan isi
-          Kata baku dan tidak baku
III.      Metode Pembelajaran
-          Tanya jawab
-          Penguatan
IV.      Strategi Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
-          Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-          Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
2.      Kegiatan Inti
-          Para siswa menentukan ide pokok dari teks nonsastra yang telah di bacakan
-          Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks nonsastra secara ringkas
-          Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari teks nonsastra
3.      Kegiatan Akhir
-          Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
-          Guru memberi tugas di rumah
V.         Alat/ Sumber Pembelajaran
-          Tuturan langsung
-          Buku teks yang terkait
VI.      Penilaian
-          Pengamatan
-          Tugas individu

Diketahui Oleh :                                                                      Medan,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
SMA NEGERI 1 BAMBEL

(                                   )                                                           (                                   )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 BAMBEL
MATA PELAJARAN          : Bahasa Indonesia
KELAS                                  : X
SEMESTER                          : 1

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : 3.      Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca
B.           KOMPETENSI DASAR :
3.1          Menentukan ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
C.          MATERI PEMBELAJARAN :
Membaca cepat :
-          Teks nonsastra dari berbagai sumber
-          Ide pokok tiap paragraf
-          Ide pokok dari berbagai sumber
-          Fakta dan opini
-          Ringkasan isi
-          Kata baku dan tidak baku
D.          INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI      :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
1
-          Menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
-          Menentukan fakta dan pendapat

·   Bersahabat/ komunikatif
·   Tanggung jawab

·   Kepemimpinan
E.           TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
-          Diharapkan siswa dapat membaca teks nonsastra dengan beragai teknik membaca
-          Siswa dapat menentukan ide pokok tiap paragraf
-          Siswa diharapkan dapat membedakan fakta dan opini dari teks nonsastra
F.           METODE PEMBELAJARAN :
§  Penguatan
§  Tanya Jawab
G.           
H.          StrategiPembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra
·     Membaca cepat (250 kata/menit)
·     Siswa dapat menguasaiteknikMembaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

I.             LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal            :
-          Siswa mendapatkan arahan dari guru utuk pembelajaran
-          Salah satu siswa membacakan teks nonsastra
Bersahabat/ komunikatif
2.
Kegiatan Inti   :
-          Para siswa menentukan ide pokok dari teks nonsastra yang telah di bacakan
-          Siswa menuliskan kembali isi bacaan teks nonsastra secara ringkas
-          Para siswa menentukan fakta dan pendapat dari teks nonsastra
Tanggung jawab
3.
Kegiatan Akhir            :
-          Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan
-          Guru memberi tugas di rumah
Bersahabat/ komunikatif
J.            ALOKASI WAKTU :
2 x 45 menit
K.          SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Media massa/ koran/ majalah/ internet
·         Buku yang berkaitan dengan budaya setempat
·         Buku pendamping
L.           PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  Tugas individu
§  Ulangan
Bentuk Instrumen:
§  Uraian bebas
§  Pilihan ganda
§  Jawaban singkat

Mengetahui,                                                                        2011
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                     NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar