Jumat, 31 Agustus 2012

Transkript


TRANSKRIPT
KETERAMPILAN MENGUNAKAN VARIASI

Mata Pelajaran                      : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)       : Memahami teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik
 membaca

Suasana dalam keadaan fluktuatif (perhatian dan minat belajar siswa dalam keadaan tidak stabil), agar belajar siswa tetap dalam keadaan dinamis, maka guru mengunakan variasi dalam mengajar dengan kegiatan sebagai berikut :
Guru     : “Anak-anak hari ini kita akan membahas materi kita tentang membaca ekstensif teks nonsasrtra, nah anak-anak bapak ingin bertanya pada kalian, siapa yang sudah pernah membaca teks nonsastra”...?
Siswa   : “Saya pak”....( jawaban serempak dari siswa)
Guru     : “Bagus, siapa yang tau contoh-contoh karya nonsastra”...?
Siswa   : (semua siawa terdiam, hanya beberapa siswa saja yang mengangkat tanggannya).
Guru     : (memandang kekanan dan kekiri dan menunjuk salah satu siswa) “ia, coba kamu sukri sebetkan apa-apa saja contohnya”...?
Sukri    : “Wayang golek pak”
Guru     : “Ia, bagus ada lagi yang lain, selain dari pendapat temanmu tadi”
Abdi     : “Wayang golek pak” (dengan suara sepontanitas)
Guru     : “Betul sekali, ada yang lain”
Siswa   : (semua siswa terdiam dan memikirkan jawaban yang akan di utarakan, tiba-tiba salah satu siswa mengangkat tanganya)
Guru     : “Ia, silahkan basri”
Basri    : “Artikel ketoprak, pak” (dengan suara lantang)
Guru     : “Benar sekali jawabanmu” (tanpa bersuara bapak guru berjalan ke belakan sambil memperhatikan siswa ke kanan dan kekiri, kemusian berhenti dan menatap ke depan) dan berkata : kelurkan buku pelajaran kita hari ini, buku bahasa indonesia, mari kita liahat sama-sama halaman.....(berhenti berbicara, kelas menjadi senyap).
Siswa   : (sudah beberapa lama menunggu dan siswa merasa penasaran) “halaman berapa bu”...?
Guru     : “Halaman 65, perhatikan teks tersebut dengan seksama” (guru memperhatikan ke seluruh sudut ruanggan dan menunjuk salah satu siswa, “coba kamu sukri bacakan teks tersebut” (karena suaranya terlalu pelan maka guru menyuruh sukri untuk membacakan teks di depan) “sukri suarumu terlalu pelan, coba kamu maju ke depan dan bacakan dengan suara lebih keras lagi”
Sukri    : ia pak, ( ia membacakan tesk tersebut dengan lantang) “Tetap semangat sekolah walaupun menunggak uang sekolah....” (beberapa menit kemudian ia siap membacakan teks tersebut).
Guru     : “Baik anak-anak coba perhatikan y, perhatikan baik-baik (semua siswa dalam keadaan kondusip) “dari teks tersebut, coba kalain tentukan ide pokoknya buat dalam selembar kertas”
Siswa   : “Ia pak guru” (dengan suara serempak”
Guru     : (menunggu beberapa menit) “Siapa yang sudah siap silahkan di kumpulkan”
Siswa   :”Ia pak guru” (semua siawa mengumpulkan tugasnya).
            Interaksi :
-          Guru - Siswa
-          Siswa - Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar