TRANSKRIPT
KETERAMPILAN MENGUNAKAN VARIASI
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD) : Memahami teks bacaan
nonsastra dengan berbagai teknik
membaca
Suasana
dalam keadaan fluktuatif (perhatian dan minat belajar siswa dalam keadaan tidak
stabil), agar belajar siswa tetap dalam keadaan dinamis, maka guru mengunakan
variasi dalam mengajar dengan kegiatan sebagai berikut :
Guru : “Anak-anak hari ini kita akan membahas
materi kita tentang membaca ekstensif teks nonsasrtra, nah anak-anak bapak
ingin bertanya pada kalian, siapa yang sudah pernah membaca teks nonsastra”...?
Siswa : “Saya pak”....( jawaban serempak dari
siswa)
Guru : “Bagus, siapa yang tau contoh-contoh
karya nonsastra”...?
Siswa : (semua siawa terdiam, hanya beberapa siswa
saja yang mengangkat tanggannya).
Guru : (memandang kekanan dan kekiri dan
menunjuk salah satu siswa) “ia, coba kamu sukri sebetkan apa-apa saja contohnya”...?
Sukri : “Wayang golek pak”
Guru : “Ia, bagus ada lagi yang lain, selain
dari pendapat temanmu tadi”
Abdi : “Wayang golek pak” (dengan suara
sepontanitas)
Guru : “Betul sekali, ada yang lain”
Siswa
: (semua siswa terdiam dan memikirkan
jawaban yang akan di utarakan, tiba-tiba salah satu siswa mengangkat tanganya)
Guru : “Ia, silahkan basri”
Basri : “Artikel ketoprak, pak” (dengan suara
lantang)
Guru : “Benar sekali jawabanmu” (tanpa bersuara
bapak guru berjalan ke belakan sambil memperhatikan siswa ke kanan dan kekiri,
kemusian berhenti dan menatap ke depan) dan berkata : kelurkan buku pelajaran
kita hari ini, buku bahasa indonesia, mari kita liahat sama-sama
halaman.....(berhenti berbicara, kelas menjadi senyap).
Siswa : (sudah beberapa lama menunggu dan siswa
merasa penasaran) “halaman berapa bu”...?
Guru : “Halaman 65, perhatikan teks tersebut
dengan seksama” (guru memperhatikan ke seluruh sudut ruanggan dan menunjuk
salah satu siswa, “coba kamu sukri bacakan teks tersebut” (karena suaranya
terlalu pelan maka guru menyuruh sukri untuk membacakan teks di depan) “sukri
suarumu terlalu pelan, coba kamu maju ke depan dan bacakan dengan suara lebih
keras lagi”
Sukri : ia pak, ( ia membacakan tesk tersebut
dengan lantang) “Tetap semangat sekolah walaupun menunggak uang sekolah....”
(beberapa menit kemudian ia siap membacakan teks tersebut).
Guru : “Baik anak-anak coba perhatikan y,
perhatikan baik-baik (semua siswa dalam keadaan kondusip) “dari teks tersebut,
coba kalain tentukan ide pokoknya buat dalam selembar kertas”
Siswa : “Ia pak guru” (dengan suara serempak”
Guru : (menunggu beberapa menit) “Siapa yang
sudah siap silahkan di kumpulkan”
Siswa :”Ia pak guru” (semua siawa mengumpulkan
tugasnya).
Interaksi :
-
Guru - Siswa
-
Siswa - Guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar